Minggu, 05 Mei 2013

Update Aplikasi GPP Satker versi 1 Mei 2013

Update Aplikasi GPP Satker versi 1 Mei 2013


Update Aplikasi GPP Satker versi 1 Mei 2013   [Added: Kamis, 2 Mei 2013]

Yang ditunggu-tunggu telah hadir: Update Aplikasi GPP Satker versi 1 Mei 2013 yang berhubungan dengan: 
  1. Update Gaji Pokok Baru Tahun 2013 PNS dan Polri
  2. Perbaikan Pembuatan Kekurangan Gaji Hakim
Dengan telah dikeluarkannya Peraturan Presiden yang baru NO 22 Tahun 2013 tentang Perubahan ke lima belas atas PP No 7 Tahun 1977 tentang Peraturan Gaji PNS  maka aplikasi ini telah proses update referensi gaji pokok baru 2013.
Silakan Unduh via Mediafire di bawah ini:

                MyGPP_1MEI2013_databaseKOSONG.exe
BACKUP APLIKASI DAN DATABASE SEBELUM UPDATE


Sebelum melakukan update Aplikasi lebih baik anda melakukan backup Aplikasi dan database terlebih dahulu, jaga-jaga jika proses update mengalami kegagalan :
  1. Copy folder C:\AplGajiSatker ke dalam flashdisk/hardisk external
  2. Copy folder MyGPP ke dalam flashdisk/hardisk external dengan terlebih dahulu mematikan service dengan mengklik kanan mouse file mysql_uninstall.bat lalu pilih Run As Administrator.
  3. Selanjutnya hidupkan lagi service MyGPP dengan jalan mengklik kanan mouse file mysql_install.bat lalu pilih Run As Administrator.
  
CARA UPDATENYA SAMA SEPERTI SEBELUMNYA, ATAU SILAKAN BACA/UNDUH  SEMUA INFORMASI TENTANG TATA CARA UPDATE DAN PENJELASAN SELENGKAPNYA.
          

PENTING !!!!
 
BAGAIMANA APLIKASI GPP TANGGAL  01 MEI 2013 AGAR BISA DIGUNAKAN???



 
Dengan telah dikeluarkannya Peraturan Presiden yang baru NO 22 Tahun 2013 tentang Perubahan ke lima belas atas PP No 7 Tahun 1977 tentang Peraturan Gaji PNS  maka aplikasi ini telah proses update referensi gaji pokok baru 2013. 
 
Gaji pokok yang baru ini belum bisa digunakan  sebelum direkam PP tersebut ke dalam perekaman perubahan masing-masing pegawai, oleh sebab itu di dalam update aplikasi tanggal 1 Mei ini dibuat satu menu baru untuk merekam PP tersebut ke seluruh perekaman Perubahan pegawai.
 
CARANYA:  
1
Masuk ke dalam menu Pegawai > Perekaman SK Gaji Pokok 
 

2
Maka akan tampil form perekaman SK Gaji pokok untuk seluruh pegawai, jadi hanya merekam 1 SK maka SK yang terdefault untuk seluruh pegawai akan terisi secara otomatis. Isikan :
·         Tanggal SK : tanggal PP No 22 Tahun 2013 yaitu tanggal 11 April 2013
·         No : PP No. 22 Tahun 2013
·         SK Dari : Presiden
·         TMT : 1 Januari 2013
·         Klik tomnol Proses
 
 
Update Aplikasi GPP Satker versi 1 Mei 2013   [Added: Kamis, 2 Mei 2013]
 
 3. Tunggu beberapa saat, sampai keluar seperti Picture di bawah ini:

Update Aplikasi GPP Satker versi 1 Mei 2013   [Added: Kamis, 2 Mei 2013]

 
Maka di menu perekaman perubahan untuk seluruh pegawai maka muncul SK baru, dengan nomor agenda baru dan terdefault otomatis.
 
 
 
 
MELENGKAPI PEREKAMAN KONFIGURASI SATKER
Dalam rangka memenuhi data kebutuhan SPAN maka aplikasi SPM ketika menerima ADK *.rkp dari aplikasi GPP sempat tervalidasi pengisian email,propinsi  dsb. Oleh sebab itu pada update kali ini satker harus melengkapi perekaman tersebut di menu Setting >  Konfigurasi.
Update Aplikasi GPP Satker versi 1 Mei 2013   [Added: Kamis, 2 Mei 2013]
Lengkapi isian Propinsi, email dan nomor telepon Kantor lalu klik tombol OK
PEMBUATAN KEKURANGAN GAJI SAMA UNTUK GAJI POKOK TAHUN 2013
Pembuatan kekurangan gaji pokok untuk seluruh pegawai dapat menggunakan tombol kekurangan sama
  1. Sebelum membuat kekurangan gaji pokok, lakukan load master gaji induk bulan Januari s.d. Juni 2013
  2. Buka menu kekurangan gaji
  3. Pilih para pegawai yang hendak dibuat kekurangan gajinya. 
  4. Klik tombol Kekurangan sama
  5. Pilih jenis kekurangan gaji pokok 
  6. Isi tahun 2013 
  7. Klik tombol gaji baru pilih gaji Juni 
  8. Isikan isian masa Januari s.d. Mei 2013, lalu klik tombol Simpan, maka proses kekurangan gaji akan terhitung seluruh nya.
 
 
 




KHUSUS UNTUK SATKER POLRI
Satker polri yang menggunakan aplikasi GPP dan BPP saat ini masih banyak yang menggunakan database GPP (MyGPP) yang lama yaitu versi Nopember 2012. Database tersebut tidak lengkap karena masih menggunakan referensi beras lama dan gaji pokok lama. Oleh karena itu diharapkan untuk menggunakan database versi baru ini langkah-langkahnya adalah sbb :
  1. Lakukan backup data pada aplikasi lama anda menggunakan menu Utilitas > Backup. Data yang terbackup adalah data PNS dan Polri menjadi 1 file backup
  2. Download database MyGPP versi tanggal 1 Mei 2013 yang kosong dari FTP perbendaharaan atau Download di sini: MyGPP_1MEI2013_databaseKOSONG-KHUSUS POLRI.rar
  3. Install database MyGPP versi tanggal 1 Mei 2013 dan gunakan aplikasi GPP versi tanggal 1 Mei 2013.
  4. Lakukan restore data file backup tersebut menggunakan menu utilitas > restore, maka data PNS dan Polri akan terestore semuanya.
  5. Copy file aplikasi BPP Polri ke dalam folder C:\aplGajisatker\. Sementara aplikasi BPP Polri tetap menggunakan yang lama sampai ada update yang baru.
  6. Pada aplikasi bulan November 2012 isian kode beras terlanjur menggunakan referensi yang lama yaitu kode 07 dengan jumlah Rp. 59.000-, yang seharusnya adalah kode 08 dengan jumlah Rp. 67.500,- dan ini sudah terlanjur terekam untuk semua pegawai. Oleh sebab itu di dalam menu aplikasi GPP PNS terdapat menu utilitas > ubah kode beras Satker POLRI.
  7. Jalankan menu ini dengan meng klik tombol proses. Maka semua data pegawai dan perubahan akan berubah kode berasnya menjadi 08, baik untuk PNS POLRI dan anggota POLRI, jadi tidak perlu mengubah satu per satu.

0 komentar: