Selasa, 07 Mei 2013

APLIKASI KONFIRMASI SATKER 2013

apl-konfirm Salah satu persyaratan dalam lampiran SPM-GU adalah surat setoran yang dilampirkan dalam SPM-GU baik surat setoran pajak (SSP) ataupun surat setoran bukan pajak (SSBP) telah divalidasi/dikonfirmasi oleh KPPN. Validasi surat setoran diperlukan untuk memastikan apakah penerimaan negara yang telah disetorkan telah masuk ke Kas Negara atau belum. Aplikasi Konfirmasi Penerimaan Satker adalah aplikasi yang dapat membantu satker dan KPPN agar lebih mudah melakukan konfirmasi surat setoran penerimaan negara. Aplikasi Ini memungkin validasi/konfirmasi surat setoran lebih cepat.
Aplikasi Konfirmasi Surat Setoran Penerimaan Negara digunakan untuk melakukan pengujian atas bukti setor yang diajukan oleh Satker/KPA maupun wajib bayar/wajib setor bahwa atas setoran dimaksud telah diterima di Kas Negara. Satker merekam data surat setoran penerimaan negara yang akan dikonfirmasi pada Aplikasi Konfirmasi dan menyampaikan ADK Konfirmasi ke KPPN. Selain itu, Wajib bayar/wajib setor melakukan perekaman data surat setoran penerimaan Negara dengan Aplikasi Konfirmasi Penerimaan untuk memastikan setorannya telah masuk ke Kas Negara.
Manfaat:
  1. Mempercepat proses konfirmasi. Konfirmasi dilakukan tanpa perlu menunggu laporan penerimaan masuk dari Bank Persepsi KPPN.
  2. Mengurangi kasus pemalsuan surat setoran penerimaan negara.
  3. Mengurangi kasus penggunaan surat setoran penerimaan negara lebih dari satu kali transaksi.
  4. Penerimaan negara yang disetorkan di Bank/Pos Persepsi di luar mitra kerja KPPN masing-masing satker kementerian/lembaga dapat dimintakan konfirmasi ke KPPN mitra kerja Satker.
INSTALASI APLIKASI
Instalasi Aplikasi Konfirmasi Penerimaan Satker sangat mudah. Hanya Double Klik file konfirmasibetha.exe maka akan terbentuk folder c:\tsa (default). Bagi yang hendak mengganti drive tempat penyimpanan Aplikasi Konfirmasi dapat menggantinya ke drive lain seperti d:\tsa ataupun e:\tsa. Khusus untuk komputer dengan sistem OS Windows 7 dan Vista, agar instalasi dilakukand dengan klik kanan - run as Administrator.
PENGGUNAAN APLIKASI
Setelah selesai instalasi, cari di folder tsa file konfirmasi_ver.betha.exe klik kanan lalu Send To Desktop agar tercita short cut di desktop untuk memudahkan penggunaan aplikasi saat dibutuhkan. Saat menggunakan aplikasi maka akan muncul permintaan user dan password. Isi user dengan "01" dan password dengan "tsa" (keduanya tanpa tanda petik "").
Setelah masuk aplikasi yang harus dilakukan pertama kali adalah mengisi setting aplikasi yang terdiri dari SETTING SATKER, PEJABAT dan PETUGAS. SETTING SATKER dan PEJABAT wajib dilakukan karena penting dalam identifikasi data dan pencetakan laporan. Sedangkan SETTING PETUGAS boleh dilakukan bila hendak mengganti user dan password aplikasi.
INPUT DATA
  1. Pilih Menu Data untuk melakukan input, ubah, hapus, kirim dan cetak data
  2. Klik Sub Menu Input Data untuk merekam data setoran penerimaan Negara
  3. Isikan nomor NTPN, NTB, kode Akun, dan Nilai Setor pada kolom yang tersedia seperti contoh diatas lalu klik Simpan
  4. Setelah berhasil disimpan.
  5. Jika sudah selesai merekam data setoran, klik tombol keluar untuk keluar dari sub menu ini
UBAH DATA
  1. Pilih Sub Menu Ubah untuk merubah data yang sudah di-input
  2. Lakukan perubahan langsung pada kolom-kolom grid yang akan dirubah, kemudian klik tombol Keluar untuk menyimpan data perubahan dan keluar dari sub menu ini .
HAPUS DATA
  1. Pilih Sub Menu Hapus untuk menghapus data yang telah di-input
  2. Menghapus data setoran yang telah di-input dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu dengan pilihan tgl rekam atau kode NTPN
  3. Klik option tgl rekam, Isikan tanggal awal dan tanggal akhir dari tanggal perekaman data yang akan dihapus, kemudian klik tombol Hapus
  4. Penghapusan data dapat juga dilakukan dengan memilih option Kode NTPN, Isikan kode NTPN dari data yang akan dihapus, kemudian klik tombol hapus
  5. Klik tombol keluar untuk keluar dari Sub Menu Hapus Data
KIRIM DATA & CETAK
  1. Pilih Sub Menu Kirim Data dan Cetak untuk mengirim ADK ke KPPN dan mencetak daftar setoran yang telah di-input.
  2. Isikan tanggal awal dan tanggal akhir perekaman data yang akan dikirim, lalu pilih direktori pengiriman data dan klik tombol Proses Kirim Data.
  3. ADK kiriman akan terbentuk pada folder yang dituju dengan extension .TXT Adk ini lah yang harus dibawa/dikirimkan ke KPPN untuk dimintai konfirmasi apakah sudah masuk ke Kas Negara atau belum!
  4. Klik tombol cetak untuk mencetak daftar setoran penerimaan Negara
  5. Klik tombol keluar untuk keluar dari sub menu ini
UTILITY-BACKUP
  1. Jika memilih Sub Menu BackUp maka isikan tanggal awal dan tanggal akhir perekaman data yang akan di-backup kemudian klik tombol BackUp sampai muncul pesan “Data Berhasil Disimpan”.
  2. Data backup tersebut akan tersimpan pada direktori C:\tsa\backup\xxxxxxx.DBF. Klik tombol Keluar untuk keluar dari sub menu ini
UTILITY-RESTORE
Sub Menu Restore digunakan untuk me-restore data kedalam Aplikasi Konfirmasi Satker, dengan cara pilih file yang akan di-restore kemudian klik tombol Restore.
UTILIY-HAPUS DATA SAMPAH
Sub Menu Hapus Data Sampah digunakan untuk menghapus data yang sudah tidak terpakai secara permanen dari database dengan cara pilih Sub Menu Hapus Data Sampah kemudian klik tombol proses.
PERMASALAHAN SETELAH INSTALASI
Kadang kala setelah melakukan instalasi, aplikasi konfirmasi tidak mau terbuka. Hal ini dikarenakan file library yang belum terbentuk sempurna dalam folder tsa. Bila menemui masalah seperti ini maka pemecahannya cukup mudah. Masuk ke folder Aplikasi SPM 2012 dalam komputer, lalu copy semua file berekstensi/dengan akhiran .dll kemudian paste ke folder tsa. Aplikasi Konfirmasi Penerimaan pun telah bisa digunakan. Semoga Bermanfaat.

DOWNLOAD APLIKASI :
  1. Petunjuk operasional aplikasi konfirmasi satker
  2. Konfirmasibetha.exe
  3. Update_Konfirmasi_satker.2012.sfx.exe
  4. Update Aplikasi Konfirmasi Penerimaan Satker.docx
  5. Cara Instalasi Update Aplikasi Konfirmasi Penerimaan Negara SATKER 2012.docx

0 komentar: