APLIKASI KONFIRMASI SATKER 2013

Aplikasi
Konfirmasi Surat Setoran Penerimaan Negara digunakan untuk melakukan
pengujian atas bukti setor yang diajukan oleh Satker/KPA maupun wajib
bayar/wajib setor bahwa atas setoran dimaksud telah diterima di Kas
Negara. Satker merekam data surat setoran penerimaan negara yang akan
dikonfirmasi pada Aplikasi Konfirmasi dan menyampaikan ADK Konfirmasi ke
KPPN. Selain itu, Wajib bayar/wajib setor melakukan perekaman data
surat setoran penerimaan Negara dengan Aplikasi Konfirmasi Penerimaan
untuk memastikan setorannya telah masuk ke Kas Negara.
Manfaat:
-
Mempercepat proses konfirmasi. Konfirmasi dilakukan tanpa perlu menunggu laporan penerimaan masuk dari Bank Persepsi KPPN.
-
Mengurangi kasus pemalsuan surat setoran penerimaan negara.
-
Mengurangi kasus penggunaan surat setoran penerimaan negara lebih dari satu kali transaksi.
-
Penerimaan
negara yang disetorkan di Bank/Pos Persepsi di luar mitra kerja KPPN
masing-masing satker kementerian/lembaga dapat dimintakan konfirmasi ke
KPPN mitra kerja Satker.
Instalasi
Aplikasi Konfirmasi Penerimaan Satker sangat mudah. Hanya Double Klik
file konfirmasibetha.exe maka akan terbentuk folder c:\tsa (default).
Bagi yang hendak mengganti drive tempat penyimpanan Aplikasi Konfirmasi
dapat menggantinya ke drive lain seperti d:\tsa ataupun e:\tsa. Khusus
untuk komputer dengan sistem OS Windows 7 dan Vista, agar instalasi
dilakukand dengan klik kanan - run as Administrator.
PENGGUNAAN APLIKASI
Setelah selesai instalasi, cari di folder tsa file konfirmasi_ver.betha.exe
klik kanan lalu Send To Desktop agar tercita short cut di desktop untuk
memudahkan penggunaan aplikasi saat dibutuhkan. Saat menggunakan
aplikasi maka akan muncul permintaan user dan password. Isi user dengan "01" dan password dengan "tsa" (keduanya tanpa tanda petik "").
Setelah
masuk aplikasi yang harus dilakukan pertama kali adalah mengisi setting
aplikasi yang terdiri dari SETTING SATKER, PEJABAT dan PETUGAS. SETTING
SATKER dan PEJABAT wajib dilakukan karena penting dalam identifikasi
data dan pencetakan laporan. Sedangkan SETTING PETUGAS boleh dilakukan
bila hendak mengganti user dan password aplikasi.
INPUT DATA
- Pilih Menu Data untuk melakukan input, ubah, hapus, kirim dan cetak data
- Klik Sub Menu Input Data untuk merekam data setoran penerimaan Negara
- Isikan nomor NTPN, NTB, kode Akun, dan Nilai Setor pada kolom yang tersedia seperti contoh diatas lalu klik Simpan
- Setelah berhasil disimpan.
- Jika sudah selesai merekam data setoran, klik tombol keluar untuk keluar dari sub menu ini
UBAH DATA
- Pilih Sub Menu Ubah untuk merubah data yang sudah di-input
- Lakukan perubahan langsung pada kolom-kolom grid yang akan dirubah, kemudian klik tombol Keluar untuk menyimpan data perubahan dan keluar dari sub menu ini .
HAPUS DATA
- Pilih Sub Menu Hapus untuk menghapus data yang telah di-input
- Menghapus data setoran yang telah di-input dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu dengan pilihan tgl rekam atau kode NTPN
- Klik option tgl rekam, Isikan tanggal awal dan tanggal akhir dari tanggal perekaman data yang akan dihapus, kemudian klik tombol Hapus
- Penghapusan data dapat juga dilakukan dengan memilih option Kode NTPN, Isikan kode NTPN dari data yang akan dihapus, kemudian klik tombol hapus
- Klik tombol keluar untuk keluar dari Sub Menu Hapus Data
KIRIM DATA & CETAK
- Pilih Sub Menu Kirim Data dan Cetak untuk mengirim ADK ke KPPN dan mencetak daftar setoran yang telah di-input.
- Isikan tanggal awal dan tanggal akhir perekaman data yang akan dikirim, lalu pilih direktori pengiriman data dan klik tombol Proses Kirim Data.
- ADK kiriman akan terbentuk pada folder yang dituju dengan extension .TXT Adk ini lah yang harus dibawa/dikirimkan ke KPPN untuk dimintai konfirmasi apakah sudah masuk ke Kas Negara atau belum!
- Klik tombol cetak untuk mencetak daftar setoran penerimaan Negara
- Klik tombol keluar untuk keluar dari sub menu ini
UTILITY-BACKUP
- Jika memilih Sub Menu BackUp maka isikan tanggal awal dan tanggal akhir perekaman data yang akan di-backup kemudian klik tombol BackUp sampai muncul pesan “Data Berhasil Disimpan”.
- Data backup tersebut akan tersimpan pada direktori C:\tsa\backup\xxxxxxx.DBF. Klik tombol Keluar untuk keluar dari sub menu ini
UTILITY-RESTORE
Sub
Menu Restore digunakan untuk me-restore data kedalam Aplikasi
Konfirmasi Satker, dengan cara pilih file yang akan di-restore kemudian
klik tombol Restore.
UTILIY-HAPUS DATA SAMPAH
Sub Menu Hapus Data Sampah digunakan untuk menghapus data yang sudah tidak terpakai secara permanen dari database dengan cara pilih Sub Menu Hapus Data Sampah kemudian klik tombol proses.
PERMASALAHAN SETELAH INSTALASI
Kadang
kala setelah melakukan instalasi, aplikasi konfirmasi tidak mau
terbuka. Hal ini dikarenakan file library yang belum terbentuk sempurna
dalam folder tsa. Bila menemui masalah seperti ini maka pemecahannya
cukup mudah. Masuk ke folder Aplikasi SPM 2012 dalam komputer, lalu copy
semua file berekstensi/dengan akhiran .dll kemudian paste ke folder tsa. Aplikasi Konfirmasi Penerimaan pun telah bisa digunakan. Semoga Bermanfaat.
DOWNLOAD APLIKASI :