Senin, 04 Februari 2013

Profil MTsN Tulung

MTs Negeri Tulung Kab. Madiun
Madrasah  di Pinggiran  Prestasi Unggulan


Profil MTsN Tulung
Madrasah Tsanawiyah Negeri Tulung Saradan Madiun merupakan sebuah lembaga pendidikan yang cikal bakalnya digagas dan didirikan  oleh seorang tokoh  masyarakat sekaligus tokoh Agama setempat (H. Abdurrahman) dalam sebuah Yayasan Pendidikan Islam bernama "FATWA ALIM" yang mengembangkan lembaga pendidikan mulai RA, MI, MTs sampai Madrasah Aliyah. Secara geografis madrasah yang berada di areal  seluas 4000 meter persegi ini, berada di Desa Tulung Kec. Saradan (+32 KM) dari pusat kota madiun Namun, hal itu tak membuat animo masyarakat berkurang untuk menyekolahkan  anak-anaknya di madrasah ini.
          Seiring dengan perkembangan dan kemajuan akademik dan jumlah siswanya  sejak tahun 1997, status Madrasah menjadi Negeri dan kewenanganya beralih ke pemerintah (DEPAG/ Kementerian Agama).
          Sejak beralihnya dari status Lembaga Swasta menjadi Lembaga Negeri, Madrasah ini banyak mengalami kemajuan yang pesat. Secara fisik MTs Negeri Tulung telah memiliki 18 ruang belajar yang representatif, ruang Kepala Madrasah, ruang KTU, ruang WAKA, ruang Guru, Perpustakaan, laboratorium Komputer, laboratorium Bahasa, ruang UKS/OSIM, sarana olahraga, ruang BP/BK, KOPSIS, Ruang Musik, Mushola, ruang meubeler dan Kantin.
         
”Berbagai fasilitas yang ada ini, tentu sangat menunjang bagi pengembangan ekstra kurikuler yang ada. Seperti ekstra Pramuka dan lainnya”. Dengan terpenuhinya fasilitas tersebut pada akreditasi madrasah tahun  2011 mendapat nilai A. Dari BAN" (Badan Akreditasi Nasional)” Demikian sebagaimana disampaikan oleh Kepala MTsN Tulung (Drs. Hari Sumanto, M.Pd.I).

          Visi yang ingin diwujudkan Madrasah Tsanawiyah Negeri Tulung adalah " Terwujudnya Madrasah yang Unggul prestasi, berdasarkan IMTAQ dan IPTEK Serta berwawasan Lingkungan". Dengan Misi Madrasah ”Menumbuh kembangkan sikap dan amaliah agama Islam, melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara intensif, menumbuhkan semangat keunggulan dalam prestasi serta mendorong dan membantu siswa mengenal potensi diri, menciptakan lingkungan madrasah yang sehat-bersih dan indah, dan menerapkan manajernen partisipasi seluruh warga madrasah.
          Berpijak dari visi tersebut Madrasah Tsanawiyah Negeri Tulung selalu memberikan bimbingan ibadah, tartil Qur'an, bimbingan olahraga prestasi, bimbingan pengembangan bahasa Arab dan bahasa Inggris, bimbingan sains dan Matematika serta bimbingan lain bagi siswa yang berprestasi.

Aktivitas Harian dan pembelajaran Siswa

          Kegiatan siswa diawali dengan  apel pagi di halaman Madrasah (06.30-07.55 WIB) yang dirangkai dengan membaca doa bersama, hafalan Asmaul Husna dan hafalan Alquran khususnya juz 30. Dilanjutkan pembelajaran di dalam kelas mulai (07.00 – 12.40 WIB). Setelah pembelajaran selesai + 30 menit  semua siswa, guru dan pegawai melakukan sholat dzuhur berjamaah serta kegiatan kultum yang disampaikan oleh para pendidik, dengan tujuan untuk menambah  wawasan keagamaan (Ubudiyah) kepada Allah SWT dan membentengi diri siswa ditengah era


tehnologi modern ini. Kegiatan dilanjutkan sampai pukul 15.00 dengan kegiatan Pembinaan baca tulis Alquran dan Bimbingan Belajar Intensif  khusus bagi kelas unggulan
Bina Prestasi
          Setiap hari Senin sampai Kamis, dalam rangka mempersiapkan siswa untuk mengikuti lomba, olimpiade dan menghadapi ujian nasional, yang merupakan kelas yang diunggulkan di semua bidang studi, dengan jumlah siswa tidak lebih dari 25 siswa per rombongan belajar, dengan fasilitas belajar LCD Proyektor, metode pengajaran Active Leaning dan kelas menggunakan pendingin ruangan. Tenaga Pendidikan yang  berpengalaman dalam bidangnya  dan sebagaian guru pengajar sudah berpendidikan S-2. Kelas unggulan yang menjadi prioritas di MTsN tulung adalah : Kelas Unggulan Sains (Matematika dan IPA), Kelas Unggulan Bilingual English (Bahasa Inggris), Kelas Unggulan Bilingual Arabian ( Bahasa Arab).
Prestasi Siswa
          Dalam mengikuti even lomba prestasi siswa MTsN Tulung banyak tampil mendulang, prestasi menjadi bahan kompetisi untuk  SMP/ MTs/MTsN di caruban walaupun letak MTsN Tulung secara geografis berada di pinggiran.   
Adapun Prestasi yang pernah diraih siswa siswi MTsN Tulung sebagai berikut:
  • Juara I Lari Tingkat MTs Se  Kab. Madiun
  • Juara I Volly Tingkat MTs se Kab. Madiun
  • Juara sepuluh besar olimpiade matematika se-eks kar. Madiun 3 (tiga) Siswa, Mendikpora kota Madiun,
  • Juara I olimpiade matematika se kab. Madiun tingkat MTs
  • 10 besar olimpiade komputer se-eks kar.Madiun, Alfacom
  • Juara III Lomba Fashion Show tingkat SMP/MTs yang diselenggarakan SMUN I Pilangkenceng Madiun. .


1 komentar: