Pembuatan SPM Gaji Induk Januari 2012

Telah tersedianya DIPA Tahun Anggaran 2012, aplikasi SPM 2012 dan ADK pagu DIPA 2012 serta diterbitkannya SE-55/PB/2011 tanggal 13 Desember 2011 tentang Penerbitan Surat Perintah Membayar dan Surat Perintah Pencairan Dana Gaji Induk Bulan Januari 2012 menandakan bahwa Satuan Kerja (Satker) mitra KPPN telah dapat membuat SPM Gaji Induk dan diajukan ke KPPN. Ada beberapa hal yang mesti diperhatikan agar SPM Gaji Induk dipastikan tidak bermasalah, yaitu:
APLIKASI GPP
- Pastikan data-data PNS telah lengkap termasuk NPWP, Nama Bank dan Nama/Nomor Rekening.
- Gaji Induk yang dibuat adalah untuk TA.2012 sedangkan database GPP Satker masih 2011. Oleh karena itu harus disesuaikan dulu Status Kawin Awal Tahun 2012. Dari menu Pegawai pilih Status Kawil Awal Tahun, lalu ganti tahun 2011 menjadi 2012, sesuaikan status kawin PNS bila ada perubahan, setelah selesai tekan tombol Simpan.
- Buat Gaji Induk Bulan Januari 2012 seperti biasa melalui menu Gaji - Proses Perhitungan Gaji.
- Setelah selesai, masuk ke menu Laporan - Cetak Gaji lalu cetak gaji dan cetakan yang dibutuhkan lainnya. Jangan lupa untuk mengirimkan adk gaji ke Aplikasi SPM 2012 dengan menekan tombol Transfer SPM.
- Terakhir masuk ke menu Kirim - Kirim Gaji Ke KPPN dan jangan lupa mencetak Daftar Perubahan Pegawai bila ada perubahan dalam komponen pembayaran gaji PNS.
- Biasanya dengan import ADK GPP ke Aplikasi SPM lampiran rekening penerima juga otomatis masuk ke dalam database SPM, namun bila hal ini tidak terjadi atau terjadi kegagalan dalam import data lampiran rekening penerima, maka lampiran rekening penerima dapat dibuat dengan cara berikut ini.
Membuat Daftar Rekening yang akan diimpor ke Aplikasi SPM 2012
Karena aplikasi SPM 2012 belum memiliki data-data untuk lampiran rekening penerima gaji, maka harus diinput ulang dari awal satu persatu. Ada cara yang bisa dilakukan agar tidak perlu menginput manual lampiran rekening SPM Gaji Induk. Cara ini saya pelajari di website kppnsemarang2.com. Setelah menekan tombol Transfer SPM pada menu Laporan - Cetak Gaji maka didapatkan file SPMkodesatker.rkp dan file Ms Excell dengan nama lampiranspm. File lampiranspm ini kita edit terlebih dahulu agar formatnya sesuai dengan kebutuhan aplikasi SPM 2012 sebagai berikut:
Kolom 1 : tahun anggaran
Kolom 2 : nama pegawai
Kolom 3 : NPWP
Kolom 4 : nama di rekening penerima/pegawai
Kolom 5 : nama bank
Kolom 6 : nomor rekening
Kolom 7 : nilai gaji bersih
Kolom 8 : kode bank sesuai referensi di aplikasi SPM (jika tidak ada, dikosongi saja)
Kolom 2 : nama pegawai
Kolom 3 : NPWP
Kolom 4 : nama di rekening penerima/pegawai
Kolom 5 : nama bank
Kolom 6 : nomor rekening
Kolom 7 : nilai gaji bersih
Kolom 8 : kode bank sesuai referensi di aplikasi SPM (jika tidak ada, dikosongi saja)
Isi kolom-kolom tersebut diatas dengan benar, hapus baris dan kolom yang tidak diperlukan. Isikan data yang belum ada. Contoh format bisa didownload disini.
Simpan file excel tersebut ke dalam format TXT dengan cara :
FILE-SAVE AS-pilih TEXT (Tab-Delimited), beri nama REKENING.TXT
file tersebut akan diimpor dalam Aplikasi SPM 2012
FILE-SAVE AS-pilih TEXT (Tab-Delimited), beri nama REKENING.TXT
file tersebut akan diimpor dalam Aplikasi SPM 2012
APLIKASI SPM 2012
- Instalasi aplikasi SPM 2012 harus diinstall dalam komputer yang telah memiliki Aplikasi SPM 2011. Cukup Instal file Install_Aplikasi_SPM2012_v8.0.0 dan Install_Database_SPM2012_v8.0.0[DATA]. Setelah instalasi selesai maka akan terbentuk folder C:\AplikasiSPM2012 dan shortcut di Desktop berupa Aplikasi SPM 2012 dan Startup SPM 2012.
- Masuk ke Startup SPM 2012 buat user baru sesuai data pegawai dan kewenangannya.
- Masuk ke Aplikasi SPM 2012 dengan user yang sudah dibuat lalu lakukan pensettingan satker dan perekaman referensi dengan memasukkan data awal pada aplikasi SPM meliput: data pagu anggaran melalui mekanisme transfer data pagu, data nama Kuasa Pengguna Anggaran, Pejabat Penandatangan SPM, Bendahara Pengeluaran, dan Operator aplikasi SPM, data nomor rekening penerima pembayaran.
- Lalu buat SPM Gaji Induk yang diberi tanggal 02 Januari 2012 dan menggunakan kode satker, fungsi, subfungsi, program, kegiatan, output, akun belanja, tanggal dan nomor DIPA sesuai data DIPA Tahun Anggaran 2012.
- Saat merekam SPM Gaji Induk (Kode 01), Satker yang menggunakan aplikasi GPP Satker memilih impor lalu ambil file SPMkodesatker.rkp
- Ketika sampai pada menu PEREKAMAN REKAP GAJI, Isi kolom Nama Bendahara: Para Pegawai. Bank: TERLAMPIR (jika lebih dari satu bank) atau isikan nama bank jika hanya pada satu bank. No. Rekening: TERLAMPIR
- Pada menu PEREKAMAN BENDAHARAWAN isikan kolom ;
Kepada: Para Pegawai Kantor ......
Bank: TERLAMPIR (jika lebih dari satu bank) atau isikan nama bank jika hanya pada satu bank.
No.Rekening: TERLAMPIR
Kemudian klik DAFTAR LAMPIRAN. Klik IMPORT , pilih OK , Pilih file REKENING.TXT yang dibuat tadi. Import file berhasil jika tertayang No., Nama Penerima, No.Rekening, Nilai pada layar. Kemudian lanjutkan proses perekaman SPM Gaji sampai selesai. Daftar Lampiran pun sudah dapat dicetak.
Hal-hal penting yang harus diperhatikan sehubungan dengan penerbitan SPM Gaji Induk Januari 2012
- Dalam rangka pembayaran Gaji Induk bulan Januari 2012, Kuasa Pengguna Anggaran/Pejabat Penandatangan SPM yang ditunjuk pada Tahun Anggaran 2011 dapat menerbitkan dan menandatangani SPM yang membebani DIPA Tahun Anggaran 2012.
- Persyaratan dokumen lampiran SPM-LS Gaji Induk tetap berpedoman pada PER-37/PB/2009 untuk PNS dan PER-06/PB/2009 untuk PNS/Anggota POLRI.
- Bila menemui kendala, membutuhkan informasi dan bantuan dapat segera menghubungi KPPN setempat yang akan memberikan bantuan tanpa biaya dan pungutan
0 komentar: